Halo sobat, pasti sudah kenal sama software yang satu ini. Software ini sudah tak diragukan lagi kemampuan dan kecanggihanya dalam mengolah dan membuat animasi 3D maupun 3D Modelling. Pasalnya Maya 3D udah jadi Software yang paling dijagokan di industri film Animasi, sebut saja Pixar, Dreamworks, Lucas Film adalah beberapa rumah produksi film internasional yang menggunakan Software ini.
Berikut tampilan User Interface / Antarmuka Maya 3D

Mari kita bahas antarmuka pada Maya 3D
Menu Bar
Menu Bar pada Maya 3D berupa Menu Dropdown yang bisa Anda temukan di berbagai software aplikasi. Menu default pada Maya adalah File, Edit, Modify, Create dan Display, selebihnya merupakan Menu yang ditampilkan berdasarkan Menu Set yang dipilih.

Status Line
Berikut tampilan User Interface / Antarmuka Maya 3D

Mari kita bahas antarmuka pada Maya 3D
Menu Bar
Menu Bar pada Maya 3D berupa Menu Dropdown yang bisa Anda temukan di berbagai software aplikasi. Menu default pada Maya adalah File, Edit, Modify, Create dan Display, selebihnya merupakan Menu yang ditampilkan berdasarkan Menu Set yang dipilih.

Status Line
Yang perlu diperhatikan pada status line adalah Snapping Option, namun sebaiknya Anda menggunakan Hotkey untuk mengaktifkan fungsi Snap.
snap to grid, snap to point, dan snap curve merupakan bagian dari Snapping Option (status line yang dilingkari garis merah).

Shelf
Shelf fungsinya cukup penting, menu shelf mudah dikustomisasi, kita bisa menambahkan command yang paling sering digunakan kedalam shelf.

Viewport Option
Viewport option adalah menu pilihan yang digunakan untuk mengkustomisasi obyek 3D pada Viewport

Ortographic View
Antarmuka Maya sangat intuitif, jika Anda ingin beralih dari viewport perspektif ke viewport orthographic (front, side, top) Anda cukup menekan tombol Spacebar, begitupun sebaliknya.
snap to grid, snap to point, dan snap curve merupakan bagian dari Snapping Option (status line yang dilingkari garis merah).

Shelf
Shelf fungsinya cukup penting, menu shelf mudah dikustomisasi, kita bisa menambahkan command yang paling sering digunakan kedalam shelf.

Viewport Option
Viewport option adalah menu pilihan yang digunakan untuk mengkustomisasi obyek 3D pada Viewport

Ortographic View
Antarmuka Maya sangat intuitif, jika Anda ingin beralih dari viewport perspektif ke viewport orthographic (front, side, top) Anda cukup menekan tombol Spacebar, begitupun sebaliknya.
Anda tidak perlu mengklik viewport tersebut untuk me-maximize-nya. cukup arahkan kursor ke salah satu viewport, lalu tekan tombol Spacebar, maka viewport tersebut akan di-maximize.

Hotbox Control

Hotbox Control
Hotbox control merupakan menu pintas yang mempermudah user dalam memilih menu tertentu dengan cepat, untuk menampilkan Hotbox, cukup tekan tombol Spacebar lalu tahan.

Channel Box / Attribute Editor

Channel Box / Attribute Editor
Channel Box atau Attribute Editor adalah tool yang paling penting ketika membuat Obyek(modeling). untuk memunculkan Channel Box atau Attribute Editor Anda bisa memilih Menu Tab nya, atau dengan menekan Ctrl + A.
Channel Box / Attribute Editor berisi informasi spesifik mengenai obyek dan animasi yang Anda buat.

Layer Editor
Dibawah Channel Box dan Attribute Editor Anda akan menemukan Layer Editor, Layer Editor pada aplikasi Maya hampir mirip dengan yang ada pada photoshop.

Time Slider / Range Slider / Mel / Help Line
Dibagian bawah antarmuka Maya terdapat beberapa kontrol animasi seperti MEL Command Line dan Help Line. Help Line menampilkan petunjuk mengenai cara penggunaan suatu kontrol atau fungsi suatu menu dalam Maya.


Layer Editor
Dibawah Channel Box dan Attribute Editor Anda akan menemukan Layer Editor, Layer Editor pada aplikasi Maya hampir mirip dengan yang ada pada photoshop.

Time Slider / Range Slider / Mel / Help Line
Dibagian bawah antarmuka Maya terdapat beberapa kontrol animasi seperti MEL Command Line dan Help Line. Help Line menampilkan petunjuk mengenai cara penggunaan suatu kontrol atau fungsi suatu menu dalam Maya.

0 komentar:
Posting Komentar